Berbicara tentang mahasiswa berarti berbicara tentang aset bangsa. Mahasiswa sebagai agent of change, social control dan iron stock kepemimpinan haruslah memiliki pemikiran dan cara gerak yang baik. Oleh karena itu, seorang mahasiswa hendaknya memiliki akhlak yang baik serta karakter yang kuat. Sehingga mampu menjadi seorang pemimpin yang diharapkan di masa depan. Terlebih mampu memimpin dirinya sendiri dalam kebaikan.

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang menggunakan seluruh kemampuannya untuk belajar, berfikir dan bertindak sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung. Menjadi mahasiswa berarti menjadi sosok yang sudah bisa diharapkan kontribusi- kontribusinya untuk masyarakat, bangsa dan negara. Mahasiswa adalah seorang pemuda yang bersiap untuk melukiskan berjuta warna tentang sejarah kehidupan sebuah bangsa.

Mahasiswa sebagai kaum intelektual hendaknya memiliki karakter yang kuat dengan diiringi sebuah misi besar yaitu misi kenabian serta mampu menempatkan dirinya pada titik yang tahu banyak hal. Ia harus berilmu dan tetap bertanggungjawab merealisasikan konsep-konsep kebaikan yang ia tahu dalam realita kemanusiaan, kehidupan sosial dan perjalanan kehidupan kedepannya.

Profetik sebagai karakter yang harusnya dimiliki setiap mahasiswa. Profetik sebagai nilai-nilai kenabian yang mencerminkan sikap keteladanan. Individu yang mempunyai sikap profetik diharapkan dapat menjadi contoh dan memberikan teladan bagi orang lain dalam melakukan segala hal.

Sikap-sikap keteladanan yang diturunkan dari nilai-nilai kenabian akan dapat diterapkan dalam keseharian selama menjadi mahasiswa maupun selepas menjadi mahasiswa. Poin-poin yang bisa diambil antara lain, mahasiswa berintegritas, tanggungjawab, jujur dan mampu menempatkan dirinya sebagai pembelajar yang tidak pernah menyerah akan ilmu.

Universitas Kelas Dunia (UKD) atau World Class University (WCU) tahun 2025 merupakan visi dari Universitas Negeri Yogyakarta yang didasari dengan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Dengan rencana jangka panjang tersebut, Universitas Negeri Yogyakarta tidak hanya merencanakan hal-hal kecil saja, melainkan merencanakan hal-hal yang besar yang sudah tersusun dalam Rencana Strategis Universitas Negeri Yogyakarta (RENSTRA UNY) 2015-2019. Dengan didukung adanya sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter positif menjadi sentral utama penggerak terwujudnya visi UNY 2025. Oleh karena itu Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu kampus pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter positif dan memiliki daya saing global untuk membantu mewujudkan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Universitas Kelas Dunia atau World Class University tahun 2025.

Melalui OSPEK UNY 2017, mahasiswa dituntut untuk menjadi generasi yang berkarakter profetik yang membantu mewujudkan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai World Class University tahun 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *